TEKNOLOGI MOBIL:
SEJARAH, PERKEMBANGAN DAN JENISNYA
Mobil tidak lepas dari Otomotif, Teknik
Otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang
bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat
yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik
otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik,
keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, biologi dan
manajemen.
Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi:
Perencanaan (Product atau Design), Pengembangan (Development), Produksi
(Manufacturing), Perawatan (Maintenance).
Teknologi Otomotif
Dalam Teknologi Automotif, menguasai
sistem-sistem yang ada alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan.
Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem
tersebut dapat dikelompokkan: Mesin (engine), Mesin pembakaran dalam (internal
combustion engine),Sistem bahan bakar (fuel system), Tangki bahan bakar, Pompa
bahan bakar, Karburator atau Sistem injeksi bahan bakar, Sistem pengapian
(ignition system), Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake system),
Sistem pembuangan udara hasil pembakaran (exhaust system), Sistem pendinginan
(cooling system), Sistem pelumasan (lubricating system), Sistem keseimbangan
roda (spooring balancing), Pemindah daya (power train), Sistem transmisi
(transmission system), Rangkaian penggerak (drive train), Transfer case (untuk
penggerak 4 roda), Penggerak akhir (final drive), Roda (wheel), Sistem kemudi
(steering system), Sistem suspensi (suspension system), Sistem rem (brake
system), Bodi, Sistem listrik (electrical system).
SEJARAH DAN
PERKEMBANGAN
Mobil
sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat
membantu mobilitas manusia saat melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi
sekarang, model dan tipe mobil sudah sangat beragam. Mulai dari family wagon
atau sekarang lebih dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), hingga kelas
sedan luxury yang memberi kenyamanan lebih.
Mesin
yang ditawarkan pun sudah sangat beragam. Seperti kelas 1.000-1.500 cc untuk
mobil-mobil perkotaan. Atau mobil bermesin di atas 2.000 cc yang banyak
digunakan oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda. Namun kali ini kita
tidak akan membahas varian mobil yang ada saat ini. Kali kita akan menjelajahi
sejarah mobil. Bagaimana proses dan perkembangan mobil dari abad 19 hingga
memasuki milenium kedua ini?
Pra 1880-an
Jauh
sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang bisa membawa mereka ke tempat lain
dengan lebih muda, Leonardo da Vinci sudah membuat konsep “mobil” pada 1478.
Konsep ini belum menggunakan mesin dan masih berupa sket di atas kertas.
MOBIL
(kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan
Latin ‘movére’ (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang
membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil
disebut menyetir.
Bila
yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk menentukan siapa
penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan
dikembangkan secara bertahap. Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J.
Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan
besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik
meriam pada tahun 1769.
Gambar
ini adalah gambar dimana, kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J. Cugnot sedang
menabrak tembok. Dan kecelakaan ini tercatat sebagai kecelakaan mobil pertama
di dunia
kendaraan hasil ciptaan Nicolaus J. Cugnot
Setelah
itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang
bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan
meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.
Sketsa mobil uap
Richard Trevitchick
Richard
Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada
1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur
dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap
terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.
Sejak
pertengahan abad ke-19, perancangan mobil berkembang secara pesat. pada tahun
1860, Jean Joseph E. Lenoir, dari Perancis, berhasil menciptakan mesin
pembakaran dalam berbahan bakar campuran batu bara dan gas serta campuran udara
atmosfer. Mesin ini bekerja tanpa kompresi, dimana campuran bahan bakar dan
udara dimasukkan ke dalam silinder pada saat torak berada diseparuh langkah,
kemudian dinyalakan dengan suatu pematik api (busi), sehingga tekanan gas dalam
silinder naik mendorong torak sampai akhir langkahnya dan membuang gas hasil
pembakaran keluar. Efisiensi mesin ini hanya 5% tetapi mampu menghasilkan daya
sampai 6DK.
Ratusan
tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai dibuat manusia. Menggunakan
mesin uap ini digunakan untuk membantu pergerakan kebutuhan militer Prancis
pada 1870-an dalam membawa peralatan perang. Mesin uap ini dibantu oleh tiga
roda penggerak. Kecepatannya saat itu diyakini sama dengan kecepatan manusia
saat berjalan.
Dekade 1880
Penemuan
mesin diesel pada 1882 menjadi babak penting dalam sejarah mobil. Tepatnya pada
Januari 1882, ketika sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan dan
kemudian banyak digunakan masyakarat. Saat pertama dibuat, mesin diesel ini
muncul sebagai tonggak karena mampu membuat mesin yang lebih efisien dalam
penggunaan bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan dan masih tetap
digunakan sebagai salah satu mesin mobil.
Cikal bakal mobil 1886
Setelah
itu barulah muncul kendaraan dengan mesin berbahan bakar bensin. Menggunakan
tiga roda sebagai penggerak, kendaraan ini diciptakan oleh ahli mesin asal
Jerman, Karl Benz pada 1885.
Gottlieb Daimler dan Karl Benz
Tak
mau kalah, di Amerika Serika Henry Ford telah membangun mobil pertamanya pada
1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
Pada
saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin
lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan
suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder,
dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu
mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran
tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto
ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876
Sketsa mobil bahan bakar abad 19 awal
Charles E - Frank Duryea
Pada
1890 Charles E dan Frank Duryea dari AS berhasil menciptakan mobil bermesin
bensin pertama. Pada 1898 Louis Renault menemukan batang penggerak sebagai
ganti rantai yang selama ini dipakai untuk memindahkan tenaga mesin ke roda.
Tiga tahun sebelumnya, Renault juga menciptakan mesin berpendingin air. Pada
1911, Cadillac Automobile Co., berhasil menciptakan starter listrik, pengapian
listrik dengan kumparan dan aki sebagai ganti starter engkol. Pada tahun 1922,
ban karet berisi udara sebagai pengganti ban mati atau ban engkel diperkenalkan
pertama kali.
Mobil "Velo" Karl Benz (1894).
Paten
mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada
1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama
di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan
tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan
roda padel.
Umumnya
mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir
bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Carl Benz
pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di
Stuttgart.
Pada
5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak.
Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS.
Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap,
listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin
pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi
skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada
1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an.
Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif
sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang
semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan
utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh
Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun 1910-1911),
suspensi independen, dan rem empat ban.
Dekade 1900
Di
awal abad ke-20 ini mobil-mobil sederhana yang sudah diciptakan mulai mengalami
evolusi. Saat pertama diperkenalkan, mobil saat itu belum menggunakan stir
bulat seperti yang kita kenal saat ini.
Sebelum
1900, stir mobil berbentuk setengah lingaran saja. Bahkan ada yang menggunakan
semacam tongkat untuk menggerakan roda depan ke kanan dan ke kiri. Setelah
1900, stir bulat mulai dipakai dan memang lebih memudahkan pergerakan mobil.
Mobil pertama Henry Ford
Kecepatan
mobil pun sudah mulai bertambah tinggi. Bisa mencapai 15-20 km/jam. Sudah lebih
cepat dibanding kecepatan orang berjalan kaki yang sekitar 6 km/jam. Karena
itulah pemerintah negara bagian Alabama, Amerika Serikat, membatasi kecepatan
maksimal mobil saat itu hanya 12 km/jam.
Di
era ini Ford mulai mengenalkan Model T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin,
proses pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pada
1913 lahir mesin hybrid pertama di dunia. Adalah Ferdinand Porsche yang
menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia
Porsche saat menemukan mesin ini baru 18 tahun.
Dekade 1920
Di
dekade ini, mobil sudah mulai menjadi bagian dari kehidupan manusia. Bahkan sudah
menjadi industri yang terus berkembang seiring munculnya penemuan-penemuan baru
yang terkait mobil.
Mobil Duesenberg tahun 1920
Di
Amerika Serikat bahkan banyak bermunculan industri yang menciptakan mobil dari
mulai skala kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya hanya mereka yang
bermodal besar saja yang mampu bertahan. Dari sekitar 253 industri kendaraan
pada 1908, jumlahnya menjadi hanya tinggal 44 saja pada 1929. Dari jumlah itu,
80 persen pasar dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler. Pada dekade
ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik mobil tidak lagi merasa
kesepian ketika berkendara seorang diri.
Ford Model T adalah salah satu mobil pertama yang
harganya terjangkau konsumen (1927).
Pada
tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun
sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain.
Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam
peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul
beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di
dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah
1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling
bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi
berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi
sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk
pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk
produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada
mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil
berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Dekade 1940
Di
pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri
otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi fokus untuk menciptakan kendaraan
yang bisa bermanfat di medan perang.
Jeep militer tahun 1940-an
Salah
satu penemuan terpenting di dekade ini adalah kendaraan dengan penggerak empat
roda (four wheel drive). Kendaraan ini sangat pas digunakan untuk medan perang
yang punya kondisi tanah tidak rata. Kendaraan militer ini punya kecepatan yang
cukup tinggi meski harus menjelajahi wilayah berkontur naik turun. Saat ini,
orang mengenalnya dengan sebutan Jeep.
Dekade 1950
Setelah
perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali bisa mengembangkan teknologi
yang mereka miliki saat itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pada Januari
1951. Mobil pertama yang menggunakan mesin injesi ini adalah Gutbrod Superior
dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kedua mobil ini resmi dipasarkan ke
masyarakat dan mendapat sambutan cukup positif.
Goliath GP 700 E
Awal
1956, teknologi baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter
mulai dibuat. Ini merupakan imbas dari kecemasan masyarakat saat itu terhadap
jumlah karbondioksida yang terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah kendaraan
yang makin meningkat.
Namun,
teknologi karya Eugene Houdry tersebut saat itu masih sebatas uji coba dan
diterapkan untuk mesin berbahan bakar bensin. Tapi, ide ini bisa dibilang sudah
jauh melangkah ke depan dibanding teknologi yang berkembang saat itu.
Dekade 1960
Sejarah
mobil memasuki era yang lebih maju.
Mobil sudah semakin memasyarakat dengan desain yang lebih compact dan
fungsional.
VW Beetle 1960
Hal
ini tak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang punya desain tidak biasa
dan ditahbiskan sebagai mobil rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari
kemunculan seri Corolla, Civic, dan
Focus yang merupakan mobil-mobil pionir dengan desain lebih simpel dan tidak
besar. Sejak saat itu, produsen mobil mulai berlomba menciptakan kendaraan yang
lebih simpel.
Dekade 1970
Sisi
keamanan penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di dekade ini. Dimulai
dengan munculnya teknologi airbag pada 1974. Ditambah dengan sabuk pengaman
yang bisa membantu penumpang terhindar dari cedera parah saat mengalami
kecelakaan.
Wagon 1970
Hal
ini tak lepas dari kecepatan mobil yang terus bertambah tinggi. Mesin-mesin
yang digunakan punya kapasitas semakin besar yang berdampak dengan kecepatan
maksimal yang lebih tinggi.
Terbukti
pada 1970, sebuah kendaraan bermesin khusus mampu melesat hingga 1.000 km/jam.
Kendaraan yang diberi nama “Blue Flame” ini ditahbiskan sebagai kendaraan
tercepat di bumi saat dilakukan tes di Padang Garam Bonneville, Utah, Amerika
Serikat.
Dekade 1980 dan 1990
Setelah
Amerika Serikat sempat merajai otomotif dunia beberapa dekade, mulai 1980,
muncul pesaing berat. Jepang yang porak poranda akibat perang sudah mulai
kembali bangkit. Merek-merek Jepang seperti Honda dan Toyota bahkan sudah mampu
menembus pasar Amerika Serikat. Produsen Jepang menawarkan kendaraan yang
berbeda dari produk Negeri Paman Sam, sehingga menarik minat masyarakat di
sana.
Toyota Prius 1997
Teknologi
yang dikembangkan pun mampu bersaing dengan mobil-mobil produksi Amerika
Serikat dan Eropa. Seperti ketika Toyota untuk pertama kalinya memperkenalkan
Toyota Prius yang fenomenal pada 1997. Toyota Prius menjadi mobil hybrid
pertama di dunia. Mobil ini menjadi inspirasi dari mobil-mobil berteknologi
masa depan yang diproduksi puluhan tahun kemudian.
Dekade 2000
Sejarah
mobil terus berkembang secara positif pada milenium kedua. Sejumlah teknologi
terbaru banyak bermunculan. Semuanya bertujuan untuk menciptakan kendaraan yang
lebih efisien dan ramah lingkungan.
Honda FCX Clarity 2007
Keinginan
menciptakan kendaraan ramah lingkungan terlihat saat Peugeot mampu membuat
pemerintah dan produsen otomotif di Eropa mulai menggunakan filter di mesin
mobil. Penggunaan filter ini akhirnya menjadi keharusan bagi seluruh mobil
produksi Eropa demi kesehatan para penggunanya. Honda pun tak mau kalah. Pada
2007 pabrikan asal Jepang ini mulai memproduksi mobil berbahan bakar hidrogen
yang ramah lingkungan. Mobil produksi Honda ini diberi nama FCX Clarity.
Masa Depan
Mesin
yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan menjadi fokus setiap pabrikan
otomotif di dunia. Meski masih sebatas skala prototipe, produsen menujukkan
keseriusan mereka terhadap dampak dari makin banyaknya CO2 di muka bumi. Seperti
yang dimunculkan VW saat memperkenalkan protitipe kendaraan hemat bahan bakar
mereka pada Maret 2013. Saat itu, VW menunjukkan mobil buatan mereka yang mampu
menempuh jarak 100 km cukup dengan 1 liter bensin saja.
Di
dunia balap Formula 1 juga mulai diperkenalkan kendaraan dengan menggunakan
tenaga baterai. FIA selaku otoritas balap mobil dunia sudah mulai mengadakan
event balap mobil listrik ini pada 2014. Rencananya, pada 2018 ini akan mulai
diadakan balapan mobil formula dengan mesin bertenaga listrik.
Teknologi
paling maju saat ini adalah yang dikembangkan oleh Tesla. Pabrikan ini
menciptakan mobil otonom laiknya pesawat dengan mode autopilot. Meski banyak
mendapat kritikan, tapi minat masyarakat terhadap mobil otonom ini ternyata
cukup besar.
mobil ferarri
mobil masa depan
Penutup
Begitulah
perjalanan sejarah mobil selama lebih dari satu abad ini. Semuanya berawal dari
penemuan kecil yang terus dikembangkan hingga akhirnya tercipta sebuah mobil
yang bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia.
Dipastikan
akan terus muncul teknologi dan temuan terbaru dalam dunia permobilan ini.
Semuanya bertujuan untuk membuat hidup manusia bisa lebih mudah dan tentu saja
tanpa melupakan lingkungan yang tetap bersih, aman, tertib dan sehat.
Referensi:
- http://ajarmadan.blogspot.com/2013/10/sejarah-penemuan-mobil-dan.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil
- https://www.foldertekno.com/sejarah-mobil/
- https://sejarahteknologi.wordpress.com/2014/04/29/sejarah-teknologi-automotif/
Info yang Menarik (^_^), kunjungi blog saya di: http://titihmarket.blogspot.com/
BalasHapusnice info makasih sudah share kak
BalasHapusinstagram aqua