Jumat, 29 Maret 2019

Pengeboran Minyak & Penyelesaian Sumur


Pengeboran Minyak & Penyelesaian Sumur


Pengeboran Minyak Bumi biasanya terdiri dari Persiapan Pengeboran terdiri dari Jenis Rig, Prosedur Pengeboran dan Tantangan Teknik, Tujuan, Kondisi lokasi, Dan Program Pengeboran, Aksesibilitas Lokasi, Alat dan Peralatan, kemudian Elemen Sistem dan Proses Rig terdiri dari Sistem Rotasi, Pengangkatan Sistem, Sistem Sirkulasi, Penggerak Utama, Sistem Kontrol Tekanan. Drilling Crew dan Personel terdiri dari The Rigs Operating Crew, The Personil Pendukung. Kemudian Prosedur Pengeboran Rutin seperti Pengeboran Kepala, Membuat Koneksi, Round Tripping, Formation Drilling Data, Operasi Well Logging, dan MWD, LWD & SWD.

Penyelesaian sumur berarti mempersiapkan sumur untuk produksi, tentu saja penyelesaian sumur akan dilakukan hanya jika sumur memiliki jumlah minyak dan gas yang cukup untuk dapat hidup secara komersial. Dalam menjalankan selubung dan semen, penyemenan awal yang disebut penyemenan primer menghasilkan lembaran atau penutup semen keras yang mengisi ruang anulus antara bagian luar selubung dan sumur bor. Fungsi utamanya adalah untuk memblokir pergerakan fluida dan transmisi tekanan ke atas atau ke bawah dan anulus, penyemenan selanjutnya disebut pengepresan, dan itu dilakukan untuk memperbaiki penyemenan primer atau sehubungan dengan pekerjaan pada sumur yang sedang dikerjakan ulang karena sedang menurunnya produksi .

Proses Menjalankan Semen
Proses menjalankan semen, semen kering pertama dicampur dengan aditif yang terdiri dari akselerator, retarder, dan pengatur kepadatan. Fungsi aditif ini adalah untuk menyesuaikan sifat semen kering agar sesuai dengan kondisi sumur, akselerator mempercepat waktu pengaturan semen, retarders ke sebaliknya mereka mencegah pengaturan prematur di sumur suhu tinggi. Penyesuai kepadatan meningkatkan berat semen untuk mengurangi tekanan pemompaan atau untuk memungkinkan kolom semen yang lebih tinggi tanpa mematahkan formasi.

Setelah selubung terpasang, semen dicampur dengan benar dengan air dan lubang disiapkan untuk pemompaan, pertama-tama sumbat karet yang keras dimasukkan ke dalam selubung diikuti dengan bubur semen, sumbat ini akan memisahkan lumpur yang ada dari semen baru. Memompa ke bagian bawah lubang bubur semen mendorong steker di depan saat mengalir turun memaksa steker pecah ke kursi di kerah pelampung. Begitu berada di tempatnya, bor sedikit meningkatkan tekanan sumur untuk menembus sumbat pecah ini. Setelah sumbat putus, bubur semen memindahkan lumpur yang ada di anulus, ketika semen yang memadai telah dipompa sumbat kedua yang disebut sumbat segel kemudian dimasukkan. Steker segel ini berfungsi memisahkan bubur semen dari lumpur segar yang mengikuti. Akhirnya bubur semen dipindahkan keluar dari selubung ke dalam anulus. Pekerjaan semen selesai ketika sumbat kedua sumbat segel mendarat di kursi di alur di katup pelampung, pendaratan ini adalah sinyal di permukaan dengan peningkatan tekanan yang tajam. Pompa kemudian dimatikan yang memungkinkan tekanan turun.

Tekanan yang menurun menyebabkan katup aliran menutup mencegah semen yang lebih berat di anulus mengalir kembali ke dalam selubung. Setelah pompa atau mematikan operasi sumur atau ditangguhkan selama dua belas hingga dua puluh empat (12-24) jam, sehingga semen dapat mengatur.

PERFORATING
Dengan selubung semen di tempat tugas berikutnya adalah melubangi selubung di zona bunga, yang disebut zona bayar. Perforating berarti peledakan melalui dinding selubung, lembaran semen dan berlanjut sekitar satu (1) meter ke dalam batuan formasi, melalui lubang inilah cairan hidrokarbon akan mengalir ke permukaan saat produksi dimulai. Untuk meledakkan melalui casing dan perforator jet semen diatur ke 4-8 lubang per kaki, setiap bidikan diputar sembilan puluh (90) derajat atau seratus delapan puluh (180) derajat dari yang di atas di seluruh zona pembayaran, untuk meledakkan perforator jet ini melalui selubung dan ke dalam formasi, selongsong senjata digunakan. Pistol casing ini yang dapat diambil dan digunakan kembali terbuat dari baja yang dibangun dengan sayap kuat yang dijalankan dengan kabel listrik.

Sebelum penembakan pertama, pistol dan lubang diisi dengan air garam. Air garam ini disebut water blanket atau load brine, ketika sumur telah melubangi air mengalir keluar melalui lubang-lubang baru yang membunuh sumur dan mencegah ledakan. Dengan potensi untuk merusak formasi lebih lanjut di dekat sumur bor dengan menggunakan kondisi yang terlalu seimbang, tim teknik memutuskan untuk berhenti melakukan perforasi hingga dunia siap untuk berproduksi. Ini berarti bahwa sumur akan dilengkapi dengan pengepakan tabung dan pohon Natal di sana menampung perforasi dalam kondisi tidak seimbang. Selain itu banyak dari proses perawatan sumur selanjutnya yang dijelaskan, maka segmen selanjutnya dari buku ini secara optimal dilakukan setelah sumur dilengkapi dengan tiga komponen ini, mereka termasuk kepala sumur dan berbagai proses mempersiapkan sumur untuk produksi dan akan dibahas sini. Dalam mempersiapkan sumur untuk produksi pipa berdiameter lebih kecil, disebut tubing dipasang di bawah casing dengan pengepakan di bagian bawah. Mari kita tunjukkan di sini bahwa selubung permanen jarang digunakan sebagai saluran untuk membawa minyak dan gas ke permukaan. Ingat itu fungsi utama bersama dengan annulus adalah untuk menutup lubang sumur dan menjaganya tetap tertutup.

TUBING
Sebaliknya tabung yang lebih kecil dipasang melalui casing digunakan untuk membawa cairan ke permukaan. Diproduksi dalam sambungan tiga puluh (30) kaki dengan kopling berulir, diameter pipa dapat bervariasi, tergantung jumlah cairan yang diproyeksikan untuk diproduksi. Misalnya tabung kecil yang ke dan tiga delapan 35 inci 2 3/8 "diameter luar digunakan untuk sumur dangkal produktivitas rendah. Sementara tubing berdiameter besar 6 inci 6 ”digunakan dalam sumur gas volume tinggi.

Bagaimanapun tabung lebih kecil daripada pipa casing pengeboran dan relatif ringan jika dibandingkan dengan mereka, karena dua ukuran yang lebih kecil dan berat dapat berjalan masuk dan keluar dari lubang dengan bekerja di atas rig out cocok dengan kecil atau mengangkat peralatan ketika Anda akan menemukan rig pengeboran.

Di sini Anda dapat melihat bahwa string ini menggantung dari gantungan tabung di kepala sumur dan tidak dapat diperbaiki tidak seperti string casing permanen. Perlu diingat juga bahwa meskipun hanya satu set casing yang pernah menjalankan tubing karena ukurannya yang lebih kecil dapat dijalankan melalui casing dan string tunggal, ganda atau ganda.

CHRISTMAS TREE
Akhirnya pohon Natal dipasang, berisi manifold katup yang mengontrol aliran dalam tabung, mereka harus dibangun dengan kuat agar berisi penuh tekanan reservoir, fungsi pohon natal adalah untuk mengontrol tekanan. Dalam ilustrasi, katup utama yang mengontrol tekanan sumur atau label, yaitu choke, master valve, crown crown, valve wing, dan safety wing valve.

Youtube:


References:




1 komentar:

  1. Informasi yang sangat bagus :)

    ijin share 14 tools ini:
    http://titihmarket.blogspot.com/2019/03/14-tools-untuk-bisnis-online-2019.html

    Salam,
    TM

    BalasHapus