Kamis, 21 Maret 2019

Mengenal Teknologi Kendaraan Amfibi: Sejarah, Jenis Dan Perkembangannya


MENGENAL TEKNOLOGI KENDARAAN AMFIBI: SEJARAH, JENIS DAN PERKEMBANGANNYA

           Mungkin Anda pernah membayangkan untuk memiliki sebuah mobil yang lincah di jalam dan cepat pula di air, tapi apa mungkin ada mobil yang bisa berjalan di atas air? Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini semua hal bisa kita wujudkan, benar bukan? Salah satu perusahaan mobil di California sudah menciptakan suatu penemuan baru yang mengubah pandangan dunia otomotif. Mereka menciptakan Panther sebuah mobil yang lincah di jalan raya, tapi Ia juga sangat cepat di air, benarkah begitu?


Phanter Mobil Amfibi

Sejarah Water Car 
Kendaraan amfibi diduga muncul pada pertengahan tahun 1800, ketika itu orang amerika yang bernama Oliver Evans menciptakan sebuah alat bertenaga uap yang berhasil dioperasikan lebih dari satu mil dijalan-jalan philadelphia dan berlayar disungai delaware. Kendaraan itu disebut Orukter Amphibolus dan menjadi amfibi pertama dari mesin uap yang pernah dibuat, namun kendaraan itu digunakan sebagai pembersih dermaga oleh orang-orang pada jaman tersebut. Dan pada pertengahan tahun 1910 William Mazzei  menggunakan mesin Hydromotor atau hydrometer yang didorong oleh sebuah mesin continental yang dapat menempuh jarak mencapai 60 mph didarat dan 25 mph diatas air dan gagasan William Mazzei diteruskan oleh George Monnot yang akhirnya dapat menciptakan Hydrocar yang mengkombinasikan antara perahu, mobil, dan truk dan hal ini terjadi pada saat menjelang perang dunia pertama dan akhirnya kemajuan yang terjadi saat itu terhenti karena kendaraan ini digunakan sebagai kendaraan tempur para militer


Water car

Penemuan water car atau yang biasa disebut mobil amphibi ini sebenarnya bukan hal yang baru pada dunia otomotif. Pada era tahun 1961 ada sebuah perusahaan mobil yang berhasil menciptakan sebuah mobil amphibi yang bisa digunakan untuk perjalanan darat dan laut. Mobil tersebut bernama amphicar yang berasal dari perusahaan Jerman, tapi tahukah Anda ternyata mobil ini pada tahun tersebut sukses dan laku dipasaran, dan menurut data menyebutkan amphicar ini berhasil terjual sekitar 3.872 unit.

Mobil seperti amphicar ini memang unik dan mampu menarik perhatikan para penggemar otmotif, namun mobil amphibi ini memiliki banyak kekurangan sehingga pada tahun 1999 seorang yang bernama Dave March berencana membuat mobil air yang lebih cepat dan lincah. Ia melakukan beberapa pengembangan demi pengembangan selama 11 tahun lamanya, hingga pada tahun 2010 Ia berhasil menciptakan suatu penemuan baru yang diberi nama phyton.

JENIS KENDARAAN AMFIBI:

Schwimmwagen
Schwimmwagen Adalah kendaraan amfibi permata yang diproduksi secara masal oleh ferdinand porsche, dan selama perang berlangsung porsche menciptakan kubelwagen yang beralasan mobilitas dan kerasnya perang yang dirubah dan dibuat mampu mengarungi air dan pada akhirnya kubelwagen diubah porsche menjadi schwimmwagen.

Amphicar
Amphicar Adalah kendaraan amfibi yang memiliki dua pintu convertible empat kursi penumpang yang dilengkapi dengan kain lipat diatas dan memiliki kecepatan sampai 7 knot diatas air dan 70 mph (110 km/ jam) didarat, yang memiliki mesin empat silinder 1.21 overhead-camshaft yang bersumber dari triumph. Dan mesin ditempatkan pada bagian belakang mobil dan dengan mudah dua baling-baling nilon dipasang dibawah mobil, tenaga yang dihasilkan adalah 43hp pada 4.750 rpm.

Aquada
Aquada Adalah kendaraan amfibi yang sudah melalui riset selama tujuh tahun dan tidak seperti amphicar, aquada menggunakan sistem jet yang menghasilkan kecepatan sekitar 175 hp menggunakan sistem V6 yang dipasangkan dengan lima kecepatan transmisi otomatis dengan terbalik, serta power steering sangat membantu handle didua alam.

Humdinga
Humdinga Adalah sebuah jenis kendaraan amfibi terbuka SUV yang dirancang dan diproduksi oleh gibbs teknologi yang diciptakan khusus untuk mengakses  daerah terpencil yang melewati daratan atau perairan dan pada saat beroperasi didaratan humdinga dapat menempuh 100mil /jam (160km/h) dan diatas air humdinga  dapat beroperasi menggunkan jet sistem propulsi kapal dengan kecepatan 40 mil/ jam (64 km/h) dan humdinga memiliki berat sekitar 200 kg yang memiliki dua roda suspensi udara independen yang menggunakan bahan bakar bensin dan memiliki panjang 5.400 mm, tinggi 1.850 mm, dan lebar 200 mm, dan sementara humdinga dapat membawa penumpang sebanyak lima orang serta memiliki bagasi yang mampu untuk membawa barang, dalam pembuatannya humdinga ini membutuhkan waktu delapan tahun dan lebih dari sepuluh juta jam manusia untuk mengembangkan teknologinya.

Therinspeed Splash
Therinspeed Splash Adalah sebuah kendaraan amfibi yang mampu mengakses tiga alam yaitu daratan, perairan, dan udara dimana therinspeed ini terinspirasi oleh sebuah mainan olah raga yang diciptakan oleh M.rinderknecht yang memiliki sensor canggih dalam penggunaanya dan dalam beroperasi diair dapat mencapai kecepatan tertinggi 80 km per jam (sekitar 45 knot), diudara dapat mengapung setinggi 60 cm diatas air dan didarat mencapai kecepatan maksimum sekitar 200 km/jam. Dan kendaraan ini pun tergolong kedalam kendaraan yang ramah lingkungan sebab kendaraan ini menggunakan bahan bakar yang mengandung hampir seluruhnya metana dan hampir mendekati nol kandungan sulfur dan dapat dikatakan kendaraan amfibi ini kendaraan pertama  yang akan dilengkapi dengan teknologi mesin berorientasi masa depan .

Bus Amfibi


Bus Amfibi

Melakukan perjalanan wisata menggunakan bis/bus tentu merupakan hal yang pernah kita lakukan, setidaknya kita pernah menaiki bis. Bagaimana jika tour keliling kota menggunakan bus amfibi ?. Salah satu sensasi yang ditawarkan kota Rotterdam adalah keliling kota sekaligus mengarungi air menggunakan bus amfibi.

Wisata tersebut memiliki sebutan Splashtour Rotterdam, dimana anda akan di ajak keliling kota selama 75 menit dan mengarungi sungai Meuse selama satu jam dengan bis Amfibi. Splashtour Rotterdam memberikan pengalaman berwisata yang berkesan dan tak terlupakan.

Squba
Perusahaan Swiss Rinspeed telah mengembangkan mobil konsep baru yang disebut “sQuba”, yang merupakan mobil selam ramah lingkungan pertama di dunia. Kendaraan listrik tanpa emisi ini, mampu melaju di jalan seperti mobil normal, namun bisa juga dijadikan kendaraan amfibi yang mampu menyelam, hingga mencapai kedalaman 10 meter.


sQuba

Mobil ini memiliki tiga motor listrik yang terpisah. Satu motor menggerakkan mobil saat berada di darat, dan dua motor lainnya digunakan untuk penggerak di bawah air. Karena “sQuba” menggunakan mesin listrik maka tidak akan mencemari laut saat menyelam


sQuba

sQuba Adalah jenis kendaraan amfibi yang mampu beroperasi didua alam yaitu daratan dan perairan dan  mampu  beroperasi  dibawah air (tenggelam) sedalam 10m. Kendaraan ini terinspirasi oleh film james bond yaitu “the spy who loved me” pada tahun 1977 dan pada saat itu adegan demi adegan yang menggunakan kendaraan ini hanya animasi belaka akan tetapi setelah tiga puluh (30) tahun setelah film itu dibuat faktanya kendaraan ini benar-benar nyata dan diciptakan oleh Frank M. Rinderknecht. Pada bagian mesin diubah semua menjadi motor bertenaga listrik, dan digerakan oleh dua jet drive berada didepan kendaraan yang bernafas melalui kisi-kisi berputar khusus dari HS genion (untuk membuka dan menutup intake air), jet putar outlet dirancang menjadi sangat ringan namun twist tahan dengan menggunakan teknologi nano bahan tinggi sehingga disebut nano tubes. Dan pada saat didalam air kendaraan ini mampu memberikan udara bagi pengemudi sehingga pengemudi dapat menghirup udara dengan mudah sebab kendaraan ini dilengkapi dengan tangki terpadu kompresi, sebagai keamanan mobil ini sengaja dibuat dengan atap yang dapat dibuka sehingga apabila terjadi sesuatu atau dalam keadaan darurat dapat dengan mudah pengemudi  keluar dari kendaraan tersebut. Dan kendaraan ini pun termasuk dalam kendaraan yang ramah terhadap lingkungan sebab kendaraan ini nol emisi atau tidak menghasilkan emisi gas buang.

Python
Phyton adalah generasi terbaru kendaraan amfibi, yang dibuat oleh Dave March yang diproduksi oleh perusahaan otomotif california watercar yang mempunyai kecepatan sekitar 96 km/jam diair lebih kencang dari speedboat dan cara pengoperasiannya sebelum melaju diatas air pengemudi python ini harus menetralkan gigi perseneling dan kemudian mengaktifkan kemudi jet air dan memasukan roda dan jika ingin mengoperasikan tinggal melaksanakan langkah sebaliknya. Mesin seberat 1.7 kilogram itu mampu menghasilkan energi sebesar 640 Hp (horse power) dan sementara mesin yang untuk beroperasi diatas air diproduksi oleh Dominator jet dan tenaga yang dihasilkan sekitar 500 Hp, kendaraan ini pun dilengkapi mesin jet yang membuatnya mampu menerjang ombak.

Pengembangan Phyton Water Car


Phyton

Phyton sang water car ini adalah sebuah mobil amphibi tercepat di dunia. Mungkin Anda bertanya seberapa cepatkah mobil ini? Mobil ini mampu melaju di atas air dengan kecepatan 100 Km/h, tapi tahukah Anda yang lebih mengesankan lagi dari mobil ini adalah saat Ia melaju di darat. Setelah dilakukan uji coba ternyata mobil air ini mampu melaju dengan kecepatan 200 Km/h dalam waktu akseslerasi selama 4 detik, hebat bukan? Maka tidak heran pada saat ini gueness world record menghadiahkan Phyton sebagai mobil air tercepat di dunia.

Phyton ini memiliki spesifikasi seperti berikut:
·         Memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang
·         Mobil ini menggunakan mesin belakang yang bernama Corvette LS1-LS9
·         Menggunakan sistem transmisi dengan 4 percepatan standar
·         Water car ini dapat melaju kencang karena Ia menggunakan mesin Jet
·         Untuk masalah pengereman mobil ini menggunakan rem cakram untuk keempat rodanya
·         Untuk masalah kemudi mobil ini juga menggunakan power stearing jadi sangat dikemudikan
·         Mobil ini juga menggunakn wheel retrack dengan sistem pneumatic
·         Untuk baham bakar Ia menggunakan BBM yang memiliki oktan 91 injection
·         Mobil ini menggunakan Closed Cooling System
·         Memiliki 2 pintu
·         Mobil ini dapat melaju di air dengan kecepatan 100 Km/h
·         Untuk di darat mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 200 Km/h

Walaupun mobil ini memiliki berat lebih dari 1 ton namun dengan body yang terbuat dari hull atau sekam membuat mobil tangguh ini mampu mengapung dan melaju cepat di atas air. Tetapi dengan penemuan mobil air yang secanggih ini masih membuat Dave March masih risau dan ingin membuat sebuah mobil air yang ramah dan bisa dinikmati oleh semua orang. Hingga Ia pun membuat Phyton generasi kedua yang diberi nama Panther.

Pengembangan Panther


Phanter

Phanter adalah sebuah mobil air yang menggunakan konsep mobil jeep yang lebih simpel dan kecil, jika dibandingan dengan generasi pertama mobil ini sangat jauh berbeda untuk masalah ukuran. Tetapi untuk masalah mesin dan yang lainnya mobil ini tidak kalah dengan Phyton. Mobil ini dijual dengan harga USD 135.000 per unitnya dan sudah dibeli oleh beberapa jutawan dunia seperti pangeran Dubai, Taipan dariSilicon Valley, dan beberapa jutawan lainnya.


Phanter

Spesifikasi dari water car ini adalah:
·         Menggunakan mesin Honda V6 V-Tec
·         Memiliki kemampuan 250 Horse Power
·         Menggunakan mesin dengan sistem 24 Valve SOHC
·         Menggunakan sistem Variable Valve Timing & Lift Electronic Control
·         Menggunakan sistem transmisi 4 percepatan
·         Menggunakan sistem Real Wheel Drive
·         Mampu berjalan di atas dengan kecepatan 45 Km/h
·         Dan mampu melaju di darat dengan kecepatan 80 Km/h
·         Mobil ini mamenggunakan chasis yang terbuat dari Fiberglass hull with epoxy-coated tubular chromoly steel frame.
·         Memiliki kapasitas 4 penumpang

Mobil Panter sang water car muda ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga, saudara, dan teman-teman. Lalu bagimana Anda pilih Phyton atau Panther sebagai mobil air Anda? Pilihan ada pada tangan Anda, tapi yang jelas baik Phyton maupun Panther keduannya adalah penemuan yang sangat hebat di dunia otomotif.

Kendaraan Amfibi PMI
Adalah sebuah kendaraan amfibi yang digunakan oleh palang merah Indonesia (PMI) untuk memper- mudah memberikan pertolongan bagi korban-korban yang mengalami musibah atau bencana alam seperti digunakan pada bencana merapi yang belum lama terjadi akhir-akhir ini. Dan kendaraan ini dapat melewati medan yang sulit untuk dilewati oleh kendaraan biasa sebab kendaraan ini tidak menggunakan ban untuk berjalan akan tetapi sama dengan kendaraan khusus perang seperti tank yang menggunakan rantai baja untuk berjalan, oleh sebab itu kendaraan ini mampu melewati daratan yang terjal dan perairan / sungai.

Squadski / Quadski
Squadski / Quadski adalah sebuah kendaraan yang menggabungkan anatara jetski dan atv dimana kendaraan ini digunakan untuk parawiasata alam yang memiliki area daratan dan perairan dan squadski ini dibuat oleh gibbstech.


Quadski

Kendaraan yang satu ini juga dikeluarkan oleh pabrikan yang sama dengan Biski, yaitu perusahaan Gibbs. Perbedaan dari Biski yaitu kendaraan ini berjenis atv (memiliki roda empat) dan mampu di gunakan di medan yang kasar. Di samping itu kendaraan ini sangatlah cepat, baik di darat maupun di air karena memiliki mesin BMW Motorrad 1.3 liter.


Quadski

Quadski memberikan pengalaman yang menyenangkan, di mana kendaraan ini bisa di gunakan off road, melewati area berpasir, dan juga ngebut di dalam air. Dan juga sama seperti Biski, roda kendaraan ini juga masuk ke dalam body saat memasuki air, dengan menekan tombol. Kecepatannya 72 km/jam baik di darat atau di air.

Sherp ATV ( Mini Monster truck)
Truk kotak yang menyerupai desain mainan ini memiliki definisi sebagai kendaraan monster yang sebenarnya, karena mampu menerjang hampir di segala kondisi, memiliki dua kursi dan area kargo yang luas, dapat menaiki rintangan setinggi lebih dari setengah meter, dan dapat berenang dengan mudah berkat ukuran bannya yang sangat besar. Sehingga membuat kendaraan buatan Russia ini mampu mengapung di atas permukaan air.


Sherp ATV

Bahkan ban kendaraan ini mampu mengisi sendiri manakala kekurangan angin/bocor. Sherp ATV juga memiliki lapisan polimer tahan lama di bagian luar untuk menambah ketangguhan, tangki bahan bakar 15,3 galon, dan tambahan opsional seperti tangki  15 galon lainnya di atas roda, generator, pemanas independen, dan lampu bertenaga tinggi.

Sherp ATV di atas es yang mencair

Biski

Biski

Biski merupakan sebuah motor yang bisa di gunakan mengendarai di jalan secara normal dan juga dapat berfungsi sebagai jet sky. Dengan menekan sebuah tombol, Biski dapat berubah dari sepeda motor yang digunakan di jalanan menjadi kendaraan yang mampu bergerak di dalam air dalam waktu kurang dari lima detik. Pada saat itu, roda belakang ditarik ke dalam body kendaraan dan pendorong air dual-jet langsung menyala dan menggerakkan Biski mengarungi medan air.


Biski

Dari desain kendaraan ini memang terkesan besar, terutama pada bagian body tengah hingga belakang. Sehingga jika di gunakan di jalan tentu memakan ruang yang besar pula. Dan juga ukuran ban-nya terbilang kecil jika di bandingkan body motornya yang besar. Terlihat di video promonya, bagian bawahnya mengenai tanah saat keluar dari air dan menuju daratan.

UHAC (Ultra Heavy-Lift Amphibious Connector)


Truk amfibi Marinir AS

Kendaraan berskala monster buas ini merupakan perwujudan dari ambisi penyempurnaan teknologi kendaraan perang. Sebagaimana pada perang Korea, tentara Amerika terpaksa meninggalkan kendaraan amfibi mereka untuk menyeberangi area yang berlumpur. Dengan UHAC segala medan akan mudah di lewati, dengan desain seperti tank yang mampu menerjang rintangan, bahkan mampu melewati halangan setinggi 3 meter.

Truk amfibi Marinir AS

Truk amfibi Marinir AS

Truk amfibi Marinir AS

UHAC nantinya akan memiliki fungsi mengangkut beberapa Tank melewati laut untuk menuju daratan, dan juga membawa tank kembali menuju ke kapal induk. Di lengkapi dengan mesin berkapasitas tinggi agar mampu menerjang ombak setinggi 3 meter lebih. Uhac skala penuh akan mampu membawa setara dengan tiga tank M1A1, atau kargo yang beratnya mencapai 200 ton, dengan kecepatan 40 kilometer/jam. Panjangnya akan mencapai 25 meter, tingginya 10 meter dan memiliki jarak tempuh 320 kilometer.



Referensi:



0 komentar:

Posting Komentar