Sabtu, 30 Maret 2019

Pengeboran Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi - Tinjauan Umum

Pengeboran Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi - Tinjauan Umum


Ahli Geologi & Geofisika telah sepakat tentang keberadaan "prospek", bidang potensial. Untuk mengetahui apakah Hidrokarbon memang terperangkap di batuan reservoir, kita harus mengebor lokasi prospek.

Pengaturan - Instalasi
Posisi terbaik untuk mengatur peralatan pengeboran ditentukan. Pengeboran dilakukan, kadang-kadang sulit, diameter kecil (20-50cm) lubang umumnya turun ke kedalaman 500-4000 meter. Secara luar biasa, sumur tertentu melebihi 6000m.

Sumur Pengeboran
Derek adalah bagian yang terlihat dari rig pengeboran. Ini digunakan untuk secara vertikal memasukkan tali bor ke dalam lubang. Tali bor ini terdiri dari tabung logam yang disekrup ujung ke ujung. Mereka mentransmisikan gerakan memutar (bor putar) ke alat bor (mata bor) dan membantu mengedarkan cairan (lumpur) ke dasar sumur.

Mata bor itu beberapa tric-cone, melalui pipa bor, di ujung yang bor berputar, lumpur disuntikkan, yang disiapkan dan dikendalikan oleh insinyur lumpur. Lumpur ini mendinginkan mata bor dan mengkonsolidasikan sisi lubang bor. Selain itu ia menghindari percikan minyak, gas atau air dari lapisan yang dibor, dengan menyeimbangkan tekanan. Akhirnya, lumpur membersihkan bagian bawah sumur, membawa pecahan batu (stek) ke permukaan.

Ahli Geologi memeriksa stek ini untuk menemukan karakteristik batuan yang sedang dibor dan untuk mendeteksi pertunjukan HC. Sampel inti diambil. Inti memberikan kecenderungan lapisan, struktur, permeabilitas, porositas, fluida, dan fosil. Pengukuran di lubang yang disebut logging, biasanya menurunkan alat elektronik ke dalam sumur untuk mengukur parameter fisik batuan formasi.

Tes dan penyelesaian sumur
Ketika HC ditemukan (penemuan), dan tekanan cukup untuk memungkinkan mereka muncul ke permukaan secara alami dan dikalibrasi dengan uji. Kuantitas pulih diukur, seperti juga perubahan tekanan di bagian bawah sumur. Dengan cara ini, sedikit lebih banyak pengetahuan diperoleh tentang kemungkinan produktivitas lapangan.

Penilaian
Jika lapangannya menjanjikan, tim eksplorasi mengakhiri sumur penemuan pertama dan terus mengebor yang kedua, bahkan beberapa lainnya, beberapa ratus atau ribuan meter di dekat sumur. Tim eksplorasi mampu memperbaiki pengetahuannya tentang karakteristik lapangan.

Berbagai jenis Platform lepas pantai
Keputusan untuk menghentikan pengeboran dibuat hanya ketika semua sumur appraisal ini telah memberikan informasi yang cukup atau untuk membayangkan produksi di masa depan.


Youtube:



Referensi:
  • Google.com
  • Youtube.com
  • https://www.amazon.com/PETROLEUM-DRILLING-OVERVIEW-Andi-Anriansyah/dp/1792194684
  • https://www.amazon.com/PETROLEUM-WELL-COMPLETION-OVERVIEW-1/dp/1792195575
 
 

0 komentar:

Posting Komentar